Home » » Memilih Desain Model Baju Batik Modern

Memilih Desain Model Baju Batik Modern

Posted by Gaun Pesta

Di masa dahulu desain model baju batik hanya dibuat dalam bahan dasar kain berwarna putih. Namun untuk sekarang ini telah mengalami banyak perubahan dan berkembang menggunakan bahan-bahan seperti sutera dan bahan sintesis lainnya. Berbagai macam model baju batik bisa dibuat dan dibedakan menurut corak dan motif kain batiknya diantaranya adalah:


Corak batik keraton. Motif batik ini merupakan awal dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia dengan makna yang menggambarkan filosofi hidup. Pada masa dulu kain batik ini dibuat oleh para putri keraton atau hanya orang-orang yang hidup didalam lingkungan keraton atau para bangsawan saja.

Corak batik pringgondani. Seperti halnya sebuah nama kerajaan milik kesatria gatotkaca dalam sebuah cerita kisah pewayangan, model batik ini doominan ditampilkan menggunakan warna-warna gelap seperti biru juga coklat soga penuh dengan sulur-sulur kecil dan motif naga yang mengelilinginya.


Ragam model baju batik untuk saat ini telah berkembang dengan pesat tidak terbatas hanya sebagai bahan dasar kemeja yang biasanya hanya dikenakan oleh bapak-bapak untuk acara formal saja. Maka di era sekarang dapat dijumpai model baju batik dengan berbagai rancangan seperti kaos batik, celana batik, seragam batik, baju anak batik, dress batik, jaket batik hingga baju muslim batik.

Model baju batik modern adalah istilah saat ini yang tengah mempopulerkan beragam hasil karya busana dengan bahan dasar kain batik. Bahkan trend baju batik yang sudah fashionable bukan hanya diminati oleh bangsa kita sendiri melainkan telah banyak dari bangsa mancanegara yang juga turut antusias serta bangga mengenakan trend model baju batik untuk dijadikan pilihan.